Perkembangan Kabupaten Situbondo

Pemkab Situbondo mengalami kemajuan cukup pesat dari tahun ke tahun. ada empat indikator pencapaian kinerja utama Pembangunan di Kabupaten Situbondo, sesuai RPJMD atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, meliputi ekonomi, angka pengangguran, jumlah kemiskinan serta Indeks Pembanguna Manusia (IPM)
Bidang ekonomi ada trend pertumbuhan cukup mengembirakan sejak tahun 2013, yaitu mencapai 6, 13 persen. Hal ini meningkat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tahun 2014 pertumbuhan ekonomi makin positif karena melebihi target pertumbuhan ekonomi nasional.
Pertumbuhan ekonomi tahun 2014 mencapai 7, 13 persen, melebihi pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5, 70 persen, serta pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur yang hanya 6, 68 persen.
Pertumbuhan ekonomi ini dibangun melalui struktur Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB, yang meliputi tiga sektor ekomi perdagangan, hotel dan resturan, serta sektor pertanian dan industri pengolahan.
Angka pengangguran terbuka tahun 2014 di Situbondo juga terus menurun dibandingkan tahun 2013. Berdasarkan data BPS jumlah pengangguran terbuka tahun 2014 menurun menjadi 4, 15 persen. Hal ini menunjukan upaya Pemerintah menangani masalah pengangguran telah menunjukan hasil positif.
Begitu pula dengan jumlah kemiskinan. Tahun 2014 angka kemiskinan menjadi 12, 75 persen, menurun dari tahun 2013 yang mencapai 13, 59 persen. Sedangkan Indkes Pembangunan Manusia atau IPM  juga semakin membaik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 dari 65, 06 persen meningkat menjadi 65, 73 persen. Hal itu terjadi karena kinerja Pemkab Situbondo yang didukung Pemerintah pusat dan provinsi, serta partisipasi seluruh komponen masyarakat menunjukan hasil mengembirakan.
kerja keras pemerintah kabupaten situbondo membuahkan penghargaan prestasi kinerja dari menteri dalam negeri, penghrgaan tingkat nasional dan provinsi.Penghargaan yang diraih kabupaten situbondo dalam kurun waktu lima tahun terakhir.Adapun penghargaan yang diperoleh sebagai berikut

  1. Pengakuan atas sukesnyya pengembangan kkoperasi dan ukm situbondo ditunjukkan dengan pemberian anugrah jasa bakti koperasi dan ukm darimenteri koperasi kepada bupati situbondo(Dadang Wigiarto).
  2. Kabupaten situbondo sukses mempertahankan penghargaan adipura berturut-turut sejak 2010 sampai dengan 2014 sebagai kota kecil terbersih.
  3. Penghargaan wahana tata nugraha (WTN) dari tahun 2011 sampai 2014 dalam rangka penyelengraan sistem trasportasi perkotaan terbaik.
  4. Tahun 2012 kabupaten situbondo memperoleh penghargaan dari presiden ri atas meningkatnya surplus beras hingga mencapai anka dia atas 5%
  5. Apresiasi dari peraturan ahli gizi jawa timur tahun 2015 dalam rangka penanganan gizi buruk melalui berdirinya rumah pemuliahan gizi kabupaten situbondo.
  6. Lolossleleksi sebagai kota sehat bersaing dengan 38 kabupaten se jawa timur dan berhak mengikuti seleksi nasional ditahun 2013.
  7. Penghargaan rekor muri dan otonomi award diberikan kepada kabupaten situbondo sebagai peserta kb tidak tertandingi di indonesia
  8. Ratusan pasien berhasil difasilitasi oleh puskesmas panarukan dalam rangka kegiatan operasi katarak di kaupaten situbondo.
  9. Puskesmas mlandingan sebagai pumastan rehabilitasi jiwa gunan memabantu masyarakat situbondo yang memliki sanak saudara yang mengalami ganguan kejiwaan.


0 komentar:

Copyright © 2013 Tradisional dan Modern